Hama penyerang bibit durian kaki 3


Hama penyerang bibit durian kaki 3
Seperti budidaya pada umumnya, menanam bibit durian kaki 3 pun tidak luput dari serangan hama penyakit yang perlu di waspadai. Pengetahuan petani tentang cara perawatan bibit durian kaki 3 sangat lah penting untuk mencegah maupun menangani masalah hama penyerang tanaman durian ini. Serangan hama yang tidak segera diatasi dengan baik akan menurunkan produksi dan kualitas bibit.
Beberapa hama yang sering di jumpai pada proses penanaman bibit durian diantaranya adalah :
a)      Lebah mini
Hama ini berwarna coklat dengan sayap bergaris putih , tubuh berukuran kecil. Hama ini menyerang daun-daun muda . pada masa menjadi lebah muda akan mengerek batang dan memakan daun-daun muda. Pengendalian hama lebah mini ini dengan cara di semprot pervisida secara berkala.

b)      Ulat pengerek bunga
Hama ini menyerang pohon durian saat musim berbunga, bagian yang di serang adalah kuncup bunga dan calon buah. Ciri serangan adalah kuncup bunga yang terserang akan rusak ditandai dengan putiknya yang berguguran. Tangkai bunganya pun akan patah karena ulat penggerek bunga.
Penyebaran hama ini melalui ulat pengerek bunga yang sudah bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Mengatasi hama ini dapat di lakukan dengan menyemprotkan obat-obatan seperti supracide 40 EC.
c)      Kutu loncat
Hama ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena sering sekali menyerang tanaman durian. Ciri kutu loncat adalah serangga berwarna coklat , tubuhnya di selimuti benang lilin-lilin putih hasil sekresi tubuhnya. Serangan yang dilakukan kutu loncat dengan bergerombol menyerang pucuk daun yang masih muda dengan mengisap cairan pada tulang-tulang daun ,
d)     Pengerek buah
Hama pengerek buah sering di sebut “gala-gala” mempunyai ciri serangan dengan menempelkan telur pada kulit buah dengan di lapisi jarring mirip laba-laba. Larva yang telah menetas akan melubangi kulit buah, masuk ke dalam buah sehingga buah akan jatuh sebelum tua. Penularan hama ini beralih dari satu buah ke buah lain dan dari satu pohon ke pohon lain.
Hama ini bertelur pada bibit durian kaki 3 secara priodik saat menjelang musim kemarau. Penanggulangan yang dapat di berikan untuk memberantas hama ini adalah dengan cara menyemprotkan insektisida.

sehingga pertumbuhan akan kerdil. Setelah selesai menghisap cairan hama ini akan mengeluarkan cairan manis yang di keluarkan mengelilingi permukaan daun, sehingga menarik perhatian gerombolan semut. Penanganan nya dengan cara memusnahkan daun dan ranting-ranting yang sudah terserang. Kemudian dapat dilakukan penyemprotan dengan insektisida.


Comments

Popular posts from this blog

Pemupukan untuk pohon durian montong yang sudah berproduksi

Keistimewaan bibit durian bawor kaki 3

Teknik budidaya durian kaki 3