Keistimewaan bibit durian bawor kaki 3


Keistimewaan bibit durian bawor kaki 3
Pada artikel sebelumnya telah di bahas keunggulan bibit durian yang mempunyai tiga kaki. Fakta di lapangan menunjukan bibit durian yang mempunyai kaki lebih dari satu atau sering di sebut kaki ganda menunjukan perkembangan yang lebih cepat. Bibit lebih mudah berbuah dan mempunyai akar kuat, dikarenakan penyerapan nutrisi yang maksimal sehingga dapat menghasilkan kualitas buah yang lebih baik di banding bibit durian kaki tunggal.
Bibit durian yang terkenal di Indonesia mempunyai banyak varietas, di antara nya durian bawor, durian montong, durian petruk, durian pelangi, durian musang king, durian duri hitam, durian merah banyuwangi, dan durian matahari. Salah satu durian asli Indonesia adalah durian bawor. Durian ini memiliki serat yang halus, rasa yang legit dan bobot buah yang lebih besar. Bibit durian bawor pun bisa di modifikasi menjadi kaki tiga dengan menambah jumlah kaki.
Bibit durian yang di tanam dari biji umumnya berbuah lama, sekitar 8 tahun baru bisa memetik hasilnya. Agar masa penantian buah yang lama dapat di persingkat, maka bibit durian perlu di lakukan okulasi. Dengan okulasi dapat di persingkat menjadi 4 tahun saja. Okulasi juga dapat di terapkan pada proses pembibitan durian bawor dengan menambahkan kaki pada batangnya yang bertujuan untuk menyangga agar kuat.
Bibit durian bawor kaki 3 mempunyai keistimewaan yang tidak bisa di sepelekan. Dilihat dari bentuk pohonya sudah bisa dikatakan istimewa karena durian ini memiliki pohon yang pendek dan cepat berbuah. Durian bawor layak untuk di budidayakan , kualitasnya pun tidak kalah dengan jenis durian lain. Keistimewaan lainnya adalah akar dari durian bawor ini mirip dengan tanaman bakau.
Sehingga pohon durian bawor ini dapat memperkuat tanaman dari guncangan angin maupun longsor. Keuntungan lain yang bisa di dapat dari akar durian bawor ini akarnya mampu menyerap cadangan makanan lebih banyak yang di salurkan untuk mempercepat perkembangan bobot buah. Durian bawor juga dikenal lebih tahan terhadap kemarau dan kekeringan karena akar tersebut.
Keistimewaan lain adalah pemeliharaan bibit durian bawor ini pun cukup murah karena hanya memerlukan pemupukan 2-3 kali dalam setahun dengan NPK dan pupuk kandang. Untuk cara perawatan bibit durian bawor , semoga dapat di bahas lain waktu di artikel berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pemupukan untuk pohon durian montong yang sudah berproduksi

Teknik budidaya durian kaki 3